Friday, July 6, 2012

Pre Instalasi Joomla


Sebelum melakukan instalasi Joomla dan mulai berkreasi dalam membuat website, pastikan kamu sudah memperhatikan 3 hal berikut ini :
·         Menginstal WAMP/XAMPP Server pada jaringan localhost untuk kamu yang menggunakan OS Windows
·         Menginstal Apache, PHP dan MYSQL pada jaringan localhost untuk kamu yang menggunakan OS Linux.
·         Membuat database baru

Mengapa harus diinstal pada jaringan localhost dengan menggunakan Wamp/XAMPP/Apache/PHP/MYSQL? Untuk anda yang menggunakan OS Windows dan Wamp, berikut penjelasannya..


Wamp Server berguna untuk membuat server di local komputer kita atau menjadikan lokal komputer kita sebagai server dan bisa diakses oleh komputer lain melalui LAN (Local Area Network). Dengan Wamp Server ini, kita bisa membuat blog secara offline di komputer kita, bisa sebagai bahan belajar membuat blog dan coba-coba atau tempat sementara untuk menampung tulisan-tulisan atau postingan kita. Wamp Server adalah aplikasi yang open source. Kalian bisa temukan dimana saja dalam internet tanpa harus membayar.

Pada tulisan berikutnya, saya akan membahas cara menginstal Joomla pada jaringan localhost dengan menggunakan Wamp Server. Namun sebelumnya, mari kita perhatikan 3 point penting seperti yang telah saya sebutkan diatas. Kita mulai dengan cara menginstal Wamp Server dan pembuatan database baru terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall Wamp Server di komputer kamu.
1.      Download Wamp Server installer versi terbaru.
2.      Setelah itu, jalankan installer tersebut, dan akan muncul peringatan untuk tidak mencoba mengupgrade dari versi sebelumnya. Karena kita baru pertama kali menginstall. Jadi, pesan tersebut diabaikan saja.
3.      Klik Yes dan Next untuk melanjutkan instalasi. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih directory untuk Wamp Server. Defaultnya adalah di c:\wamp.  Klik next dan  instalasi akan segera dilakukan.
4.      Selanjutnya akan ada pertanyaan browser yang dipakai sebagai default, pilih browser kesukaan kamu, jika firefox terinstall di komputer kamu, maka akan muncul peringatan untuk menjadikan firefox sebagai default untuk Wamp, klik next.
5.      Selanjutnya akan muncul kotak dialog berisi SMTP dan email, ini bisa diabaikan dan klik next. Dan selesai, Wamp Server sudah terinstall di komputer kamu.
6.      Untuk menjalankannya, klik icon Wamp Server di desktop atau di start menu. Akan muncul icon Wamp Server di taskbar bergambar seperti speedometer.
7.      Menginstall Apache service. Klik icon Wamp Server di taskbar, pilih Apache-Service-Install Service. Akan muncul kotak dialog seperti command prompt. Tekan enter.
8.      Menginstall MySQL service. Klik icon Wamp Server, pilih MySQL-Service-Install Service.

Dan selesai sudah proses instalasi WAMP Servernya J

Selanjutnya,  adalah pembuatan database.
Proses ini wajib, karena database digunakan untuk menampung semua data pada situs yang kamu buat. Untuk membuat database baru, kamu harus masuk ke jaringan localhost kemudian ke phpmyadmin. Caranya : buka web browser (mozila atau IE) terus  masukkan address ‘localhost/phpmyadmin/’.
Kalau udah masuk, kamu tinggal masukkan nama database baru pada kolom create new, dan klik create. Selanjutnya akan muncul database baru. Nama databasenya kamu harus inget ya. Nanti pada saat instalasi Joomla, kamu akan diminta untuk memasukkan nama database yang udah kamu buat ini.

Okeh, semua udah beres, sekarang kamu harus siap-siap untuk tahap intinya yaitu instalasi Joomla pada localhost dengan menggunakan Wamp Server
Penjelasannya ada pada postingan saya berikutnya J

1 comment:

  1. Angie! Entah kenapa tiba-tiba kau jadi rajin ngomong IT di blog... :D

    ReplyDelete